Sengkelat

Sengkelat/Sêngkêlat/Sangkelat, jv: ꦱꦼꦁꦏꦼꦭꦠ꧀, merupakan keris Luk 13 dengan ricikan Lis, Gusèn, Kembang Kacang, sogokan. Terdapat beberapa jenis varian dari dhapur ini, yaitu Sengkelat a, Sêngkêlat Bimakurda

Menurut Centhini

Dhapur Sêngkêlat ginita |
maknanira yèku urubing ati |
murade patrap linuhung |
dene ta rahsanira |
ing sarina kalawan sawênginipun |
tangi lungguh mlaku nendra |
duga-duga aywa kari |

Centhini III/236:7

Arti

Dhapur sengkelat diceritakan |
maknanya yaitu berkobarnya hati |
maksudnya adalah kelakuan yang terpuji |
terhadap nurani |
di siang dan malamnya |
berdiri duduk berjalan dan tidur |
perliaku baik jangan ketinggalan |

Kisah Pembuatan

Berbeda dengan yang kisah yang tertulis di serat Centhini, dimana pembuatan Nagasasra. Dikisahkan setelah upacara perkawinan, Sunan Kalijaga memerintahkan kepada Mpu Supo (Mpu Supo Madrangi) untuk membuat keris dengan menitipkan bahan sebesar kemiri. Peristiwa ini tercatat pada serat Sajarah Jati karya Rahadyan Sasrawijaya (sekitar tahun 1907), pada pupuh dhandanggula pada 17-24 yang disadur dari serat Babad Demak (1831):

atut dènnya palakrama kalih | wusnya bubaran nulya pinrênah | panggonane dhewe-dhewe | dangu antaranipun | manujoni Jêng Sunan Kali | ring Supa lon manabda | rèhantya sirèku | hèh Supa sarèhning sira | dadya pandhe tur trahing êmpu linuwih | ingsun yasakna kadga ||

kang prayoga pantês anggon mami | aywa kusud dèn anggo ‘ulama | sun karya gêgaman cothèn | lah iki bakalipun | wêsi bagus mung sakêmiri | saka ing akhadiyat | Supa lon umatur | botên dados kirang kathah | kangjêng sunan nabda hèh Supa sirapti | wêsi sagunung prapta ||

wus mangkono sabdèng wali luwih | barang wuwus jlêg katêkan dadya | Supa kagyat wêsi gênge | tumungkul nguswèng lêbu | turidyasmu nangis sru ajrih | triwikramaning tama | sakala rinacut | wêsi sagunung wus sirna | tanpa krana namung sakêmiri mêksih | gya cinandhak mring Supa ||

Sêrat Babad Dêmak, 1831

Setelah ditempa, jadilah sebuah keris luk 13 berwarna kemerahan seperti sengkelat (tinta lak). Kemudian oleh Sunan Kalijaga dinamakan sengkelat karena berwarna merah seperti tinta lak. Setelah itu, Sunan Kalijaga mengembalikan keris Sengkelat kepada Mpu Supo, untuk dijaga. Dikarenakan keris itu tidak cocok digunakan olehnya, tetapi akan lebih pantas dimiliki oleh seorang raja.

Cerita mengenai pembuatan dhapur sengkelat di atas, sedikit berbeda dengan yang tercantum pada serat Centhini dengan menggunakan metrum Dhandanggula:

Guruning kang Walisanga nami |
Sunan Benang iyasa curiga |
dhapur sangkêlat arane |
Êmpu Sura kang gêbug |
panggarape duk ăngka warsi |
sèwu catur tus lawan |
nênggih sanga likur |
panutup wali Jêng Sunan |
Kalijaga iyasa dhapuring kêris |
kidang soka bale bang ||

Pada tembang itu disebutkan bahwa pemrakarsa dari dhapur sengkelat adalah sunan Bonang (ditulis sunan Benang) di tahun 1429. Sedangkan dhapur yang dibuat oleh Sunan Kalijaga adalah dhapur Kidang Soka dan Balebang, semuanya berbentuk luk 7. Tetapi pada kedua serat disebutkan bahwa pembuatannya dilakukan oleh Empu Supo. Walaupun pada tembang centhini tidak diidentifikasi secara jelas Empu Supo mana yang diperintah, karena terdapat beberapa empu yang menggunakan nama Supo.

Sengkelat dan Naga Sasra

Di serat Babad Demak disebutkan bahwa keris dhapur Naga Sasra pertama kali diciptakan oleh Ki Nom (Supo Anom), di tempa di dalam laut. Hal ini dilakukan guna melaksanakan perintah raja Majapahit untuk membuat keris dengan seribu dhapur. Dikarenakan tidak kunjung selesai, kemudian Sunan Kalijaga memberikan beberapa petuah dan keris Sangkelat digunakan sebagai contoh.

nulya ge sira muliha | aja dadak sira mampir mring Gêrsik | nyidhata kene mangidul | Pangran Sêndhang sandika | Kyai Sangklat wus ingasta Si Sinuwun | Kalijaga sigra-sigra | kabêkta manjing udadi ||

panggih malih lan pulunan | kalêrêsan Ki Nom lagi nyaloni | sunan nêbda iki kulup | karyanên têpa tladha | dêdêgira agêng têlulas ingkang luk | nanging pasangana naga | sangking sosoran trus nginggil ||

Cênthini, II/23:4

Pusaka Keraton Jawa

Sebagaimana disebutkan dalam serat Sajarah Jati, bahwa setelah keris Sengkelat tidak jadi dipergunakan oleh Sunan Kalijaga, tetapi lebih cocok digunakan oleh Raja. Pada suatu ketika saat berkunjung ke Demak, Sunan Kalijaga menyerahkan keris Sangkelat kepada Adipati Bintara saat itu untuk dipergunakan sebagai pusaka Keraton Jawa, mulai dari Demak hingga seterusnya.

kawarnaa Jêng Sunan Kali gya emut | dènira kanggonan Kyai | Sangkêlat pusakèng ratu | jêng sunan ngrasa tan wajib | tindak ring Dêmak yun panggoh || lawan Radèn Dipati Bintara têmu | jêng sunan ngandika aris | hèh ta jêbèng wruhanamu | iki pusakaning bumi | kang hyun kagêm para katong || ambawani wibawa tanah Jawa gung | wahyu wahyèng kobra yakin | muryani Dêmak Sang Prabu | jêng radèn dipati tampi | sandika dadya pasêmon ||

Sêrat Dêmak, 1831

Keberadaan Saat Ini

Merupakan praktek umum, bahwa pusaka-pusaka andalan sebagaimana Kanjeng Kyai Sangkelat kemudian diputrani atau dibuat ulang oleh empu-empu setelah Empu Nom. Sedangkan untuk pusaka Kanjeng Kyai Sangkelat yang asli masih kabarnya terimpan dengan rapi di gedhong pusaka keraton.

Referensi

  1. Centhini III/236:7
  2. Centhini II/110:2-3
  3. Poerwadarminta, 1939
  4. Rahadyan Sasrawijaya, Sajarah Jati, 1897
  5. Cênthini, II/23:4
  6. Sêrat Dêmak, 1831