Pasopati/Pasupati

jv: ꦥꦱꦺꦴꦥꦠꦶ. Pasopati adalah nama dhapur keris lurus dengan ricikan ada-ada, kêmbang kacang pagog, sogokan, lambe gajah siji, sraweyan, ri pandhan. Sedangkan menurut catatan Mpu Djeno Harumbrodjo ditambah dengan gusen.

Kisah Pembuatan

Dari catatan Padmasukaca di buku Sarine Basa disebutkan bahwa empu pembuatnya adalah Empu Sura (putra dari Empu Supa), sedikit berbeda dengan catatan Centhini yang tidak menyebutkan secara rinci dari empu, tahun pembuatan dan masanya. Di serat centhini hanya disebutkan bahwa:

Tuwin sintên ingkang (ng)garap | Kyai Anom mèsêm wacana aris | anak pitakonmu iku | dakjujug nalikanya | jumênênge risang Dhêstharastra Prabu | binathara ing Ngastina | wus ana dhapure kêris ||

Nanging mung sangalas warna | iya iku ran dhapur Pasopati | Sêmpana Krajan Carubuk | Lar-ngatap Cundrik Sêpang | Jalak-dinding Bango-dholok Yuyurumpung | Tilam-upih Bakung Santan | Balebang Kalamisani ||

Centhini II/109:26-27

Serupa yang disebutkan dalam serat Pustakaraja, bahwa dhapur Pasopati merupakan jenis dhapur awal semasa dengan dhapur lar ngatap, cundrik, tilam upih, dan dhapur balebang.

Babad Mataram

Penjelasan lebih detail justru ada di Babad Mataram, dijelaskan bahwa Sunan Bonang memanggil Empu dari Tuban yang bernama Ki Sura, kemudian diberi bahan berupa Cis untuk membuat sebuah pisau. Tetapi Ki Sura justru membuat sebuah keris dengan dhapur Sengkelat. Kemudian, dari sisa bahan yang ada diminta untuk membuat keris lagi oleh Sunan Bonang. Akhirnya dibuat sebuah bentuk dhapur baru berpamor keleng. Walaupun kedua keris ini, bukan yang diinginkan oleh Sunan Bonang, tetapi tetap disimpan oleh Sunan Bonang dikarenakan mengetahui bahwa kedua keris ini akan menjadi pusaka para raja.

Setelah membuat keris ini, Empu Sura menderita sakit mata yang parah dan tidak bisa membuat keris lagi. Pada saat sunan Bonang di dalam hutan, beliau melihat tumbuhan pakis yang muncul di sela-sela kayu jati. Dikarenakan bentuknya yang indah, kemudian sunan Bonang berencana untuk membuat pola dari tumbuhan pakis tersebut untuk dijadikan pegangan (deder/ukir) dari keris. Dikisahkan pula pembuat putran pertama kali dari dhapur Pasopati ini adalah Sunan Kudus yang pembuatannya dilaksanakan oleh Ki Janas.

pan sarwi alon turira | sampeyan pêparing kêris | sampun kêdaha bewara | paringa dhuwung kang alit | kang dhapur tilam upih | lawan kalamisan iku | myang sangu tumpêng ika | kula têdha pasopati | inggih pintên agênge siyunging ula ||

Babad Mataram Jilid 2: Pupuh: 08-11, 1919

Senjata kadewatan

Pasopati juga merupakan salah satu senjata dari Dewa Siwa, yang kemudian dihadiahkan kepada Arjuna.

Pusakaning pra jawata / pasopati sanadyan cundhamani / kang kocap bisa anggêmpur / jagad saisinira / durung padha lamun tinandhinga iku / lawan pusakaning gêsang / kang ana ing guwa gaib //

Kalawarti Kajawèn: Ăngka 9, Balai Pustaka, 1935

Cerita Pedalangan

Dhalang Karurungan

Pada serat Dhalang Karurungan, keris Pasopati pertama terbentuk dari taring bathara kala, yang saat itu dipotong oleh Bathara Guru.

gya tumênga siyungnya dwi kèksi | gya cinandhak pinugut saksana | lidhah cinublês tikswa ge | upas mijil sumêmbur | sotya salah goraya ngêrik | andheprok nir budaya | lir tan darbe bayu | upas myang pucuking jatha | karsaning Hyang Pramèsthi cinipta dadi | pasopati lan kunta ||

Cariyos Dhalang Karurungan, Anonim, 1:26

Serat paramayoga

Penjelasan di atas sejalan dengan penjelasan yang terdapat di serat Paramayoga.

marang panjênêngan ingwang | yèn tan mangkono sun suthik | wèh pituduh marang sira | kama salah gya ngabêkti | sarêng tumungkul nuli | pinagas thi-athènipun | lan kinêthok remanya | dadoskên kagèt kêpati | gya tumênga siyunge kalih cinandhak ||

pinugut pêpucukira | ilatnya ingasta nuli | cinublês lawan gêgaman | upasira sami mijil | kama salah tumuli | dheprok larut bayunipun | sasat tan darbe krêkat | upasnya kacipta nunggil | lan pucuke siyunge kêkalih pisan ||

anulya dadya sanjata | ingkang kiwa Pasopati | ingkang têngên nama Konta | manabda Hyang Sidhajati | samêngko sun tuturi | sajatine sudarmamu | ya panjênêngan ingwang | lan sira ingsun paringi | padunungan yaiku Nuswakambangan ||

Paramayoga 17:16-18

Perbedaan bentuk

Sebagaimana pemahaman umum bahwa Pasopati merupakan dhapur dari keris. Hal ini berbeda dengan pemahaman yang terdapat di dunia wayang kulit. Dimana Pasopati bukanlah berbentuk keris, tetapi berbentuk sebuah panah. Pada Serat Bratayuda yang berbentuk macapat, menyatakan menyatakan:

jêmparingira si pasopati | tibakêna marang Si Sindurja | pan iku abot sanggane | dene bapakne wiku | Si Sampwani ulah sêmadi | pan lagya tinarima | dening Sang Hyang Guru | yèn bêcike atasêna | pujanira dèn bangêt sawêngi iki | pintanên ing bathara ||

Sêrat Bratayuda Jarwa Sêkar Macapat. Jilid 1/21:15

Referensi

  1. R.Ng. Karyarujita, Kawruh Empu, 1845
  2. Padmasukaca, Sariné Basa Jawa, Hal. 18, 1967
  3. Centhini II/109:26-27
  4. Meinsma, Babad Tanah Jawi hal. 50, 1874
  5. Meinsma, Babad Tanah Jawi hal. 51, 1874
  6. Dirjaatmaja, Babad Mataram Jilid 2: Pupuh: 08-11, 1919
  7. Kalawarti Kajawèn: Ăngka 9, Balai Pustaka, 1935
  8. Cariyos Dhalang Karurungan, Anonim, 1:26
  9. Sasraningrat, Paramayoga 17:16-18, 1894
  10. Sêrat Bratayuda Jarwa Sêkar Macapat. Jilid 1/21:15